Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Jambi Gencar Melayangkan Perbaikan dan Usulan pada Pleno Terbuka KPU Tingkat Kota Jambi Tanggal 3 s/d 5 Maret 2024

Pembukaan Kotak Kontainer berisi D Hasil Rekapitulasi Suara disaksikan Peserta Pemilu dan Bawaslu Kota Jambi

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Jambi - Pleno rekapitulasi yang dilakukan di BW Luxury Hotel , Rapat  Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kota Jambi di agendakan berjalan dari Hari Minggu , tanggal 3 Maret sampai dengan Hari Selasa, 5 Maret 2024.
Pleno Tingkat Kota ini diketahui dihadiri oleh 11 PPK tingkat kecamatan Kota Jambi , yaitu Danau Sipin, Pelayangan, Telanai, Kota Baru, Jelutung, Danau Teluk , Jambi Selatan, Paal Merah, Jambi Timur, Pasar Jambi dan Alam Berajo.  

Pada hari pertama , Hari Minggu 3 Maret 2024 Pembukaan Pleno Terbuka berkesempatan hadir memberi Kata Sambutan Pj. Walikota Jambi ibu Sri Purwaningsih dan dihadiri pula unsur Forkopimda, Peserta Pemilu, Bawaslu Kota Jambi, Kalapas Kota Jambi, Sekda Kota Jambi dan stake holder terkait. 

Dalam dinamika pleno terlihat Bawaslu Kota banyak memberi masukan dan respon atas pembahasan rekapitulasi suara. Proses rekapitulasi dan interaksi peserta pleno berjalan dengan baik dan mampu dijelaskan dengan baik oleh KPU Kota dalam hal ini oleh PPK Kecamatan terkait. Akan tetapi yang menjadi catatan keberatan para Peserta saksi adalah banyaknya Kecamatan yang tidak memberi amplop resmi KPU dan segel atau tidak menyegel pada Lembaran Formulir D hasil rekapitulasi suara yang berada dalam kotak kontainer yang sebenarnya telah di segel juga dari luar,dimana hal ini dijelaskan oleh pihak PPK disebabkan oleh kekurangan Logistik di lapangan.     

Pemungutan  Suara pada hari ketiga pada proses rekapitulasi telah sampai pada 2 kecamatan terakhir, yaitu Kecamatan Pasar Jambi dan Kecamatan ALam Berajo.

Jajaran Bawaslu Kota Jambi melakukan pengawasan dalam rekapitulasi tingkat Kabupaten/Kota untuk memastikan rekapitulasi berjalan sesuai prosedur dan memastikan suara terkawal dengan baik